Selasa, 26 Maret 2013

Tulisan Teori Organisasi Umum 2


Spesies Langka Ditemukan di Taman Nasional Kutai

TEMPO.CO , Sangatta:Peneliti dari Wildlife Conservation Research Unit (WildCRU) Susan Cheyne dan Wiwit Juwita S. mengungkap temuan sejumlah hewan langka sebagai kekayaan hayati di Taman Nasional Kutai. Mereka menangkap  gambar macan dahan (neofelis diardi), kucing merah (pardofelis badia), beruang madu (helarctos malayanus), rusa sambar (cervus unicolor), dan banteng (bos javanicus).
Para peneliti menggunakan metode pemasangan 98 unit kamera perangkap di dalam kawasan TNK. Gambar hasil jepretan kamera trap itu dipresentasikan kepada Balai TNK di Kota Bontang, 25 Maret 2013. "Kucing merah ini sangat langka," kata Susan Cheyne selaku peneliti utama.
Susan menekankan penelitiannya pada keberadaan dan kepadatan kucing-kucingan di TNK. Susan sendiri mengutamakan meneliti macan dahan. Dia menjelaskan kucing-kucingan memang masih ada karena terekam oleh kamera yang dipasang pada radius 1,5 kilometer. "Tapi jumlahnya tak banyak, alasannya mungkin TNK bukan wilayah kucing-kucingan dan yang mungkin juga adanya perburuan," kata Cheyne.
Menurut Cheyne, kamera yang dipasang banyak memotret orangutan Kalimantan (Pongo Pygmaeus Morio) yang turun ke tanah. Selama 40 hari terpasang, terekam ada 48 foto orangutan dari 22 lokasi pemasangan kamera. Cheyne beralasan orangutan turun ke tanah karena di bawah lebih banyak makanan dibandingkan di atas pohon. Selain itu, ancaman dari macan dahan berkurang.
Hernowo Supriyanto, Kepala Seksi Pengelola Taman Nasional Kutai I Wilayah Sangatta mengaku kaget dengan temuan ini. Menurutnya pemerintah melalui Kementrian Kehutanan ragu masih ada macan dahan, kucing merah dan banteng di TNK. "Dengan temuan ini keraguan beberapa pihak terjawab," kata Hernowo, Selasa, 26 Maret 2013.
Hernowo mengaku lega dengan ditemukannya banteng. Sejauh ini selama ini keberadaan banteng di taman nasional hanya berupa jejak kaki. TNK memiliki luas 198.269 hektare. Wilayah penelitian hanya mencakup 80-100 kilometer persegi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar