Jumat, 22 Maret 2013

Tulisan Organisasi Umum 2



Keuntungan Disiplin Dan Akibat Tidak Disiplin

Disiplin adalah suatu sikap mematuhi semua peraturan atau tata tertib, sikap disiplin itu diperintah oleh Allah SWT dan rosulnya agama islam dapt ditegakkan karna pemeluknya disiplin dalam menjalankan syariat-syariat islam. Disiplin merupakan modal utama untuk meraih kemajuan, semua kejayaan dan kesuksesan dimulai dengan perilaku disiplin. Sebaliknya, kegagalan atau kehancuran merupakan akibat dari tidak disiplin dalam menjalankan peraturan-peraturan yang telah ditetapkan.

Demikian pula dalam kehidupah sehari-hari kita harus melakukan segala hal dengan disiplin, misalnya, setiap pagi bangun jam empat karna kita harus solat subuh. Maka walaupun rasanya malas sekali kita harus paksakan bangun dan mengerjakan solat, hal itu harus kita kerjakan setiap hari terus menerus karna merupakan peraturan yang wajib kita patuhi.

Apakah keuntungan bagi orang yang dsiplin itu? Diantaranya adalah timbul rasa percaya diri, merasa tenang, selalu efektiv dalam segala hal dll. Sebaliknya orang yang tidak disiplin akan memperoleh banyak keaguan dan kekecewaan misalnya santri yang tidak disiplin dalam belajar tidak akan mendapat nilai yang memuaskan.

Salah satu sikap disiplin yang paling utama adalah......

disiplin waktu, semua ibadah dalam islam berkaitan dengan waktu contohnya puasa walaupun sangat lapar dan haus tetap tidak boleh makan dan minum apabila belum tiba waktunya.




Manusia akan selalu beruntung apabila senantiasa bisa menggunakan waktu untuk berbuat kebaikan. Dan sebaliknya manusia akan sangat rugi apabila dalam hidupnya hanya menyia-nyiakan waktu untuk hal yang tidak bermanfaat sepeti dalam firman Allah dalam surat Al Asr yang artinya: (1) Demi waktu (2) sesungguhnya manusia itu berada dalam kerugian (3) kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal soleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

Sikap disiplin harus dilakukan dalam setiap kegiatan terutama ketika beribadah karna ketika ibadah sudah kita lakukan dengan disiplin maka dalam hidup sehari-haripun akan tebiasa disiplin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar