Selasa, 23 Oktober 2012

Tugas Tulisan 5


Tips Supaya Rajin Menabung

 

Menabung itu susah susah gampang, aku termasuk orang yang boros, susah banget untuk menabung, tetapi akhirnya aku bisa memaksa diri aku untuk menabung. Menurut pengalamanku tipsnya adalah :
1. Pahami betul manfaat dari menabung.
Kehidupan kita tidak selalu berada di atas, terkadang tanpa disangka-sangka kita memerlukan biaya yang cukup besar, misalnya karena harus masuk rumah sakit, kena PHK, apalagi bagi yang sedah berkeluarga pasti lebih banyak lagi biaya tidak terduganya. Jika kita tidak punya tabungan, tentu akan panik dan bingung dari mana biaya semua itu harus dibayar. Setidaknya jika punya sedikit tabungan, hati kita lebih tenang.
2. Niat yang kuat
Kalau tidak ada niat yang kuat, seringkali kita tergoda dengan sifat konsumtif. Pengen beli ini itu, ada saja alasan untuk membeli barang yang kita inginkan.
3. Bedakan keinginan dan kebutuhan
Jika sifat konsumtif sudah mulai menggoda, tanyakan pada hati nurani kita, yang kita inginkan itu kebutuhan atau keinginan. Menurut Ahmad Gozali:
Kebutuhan adalah sesuatu yang diperlukan oleh manusia sehingga dapat mencapai kesejahteraan, sehingga bila ada diantara kebutuhan tersebut yang tidak terpenuhi maka manusia akan merasa tidak sejahtera atau kurang sejahtera. Dapat dikatakan bahwa kebutuhan adalah suatu hal yang harus ada, karena tanpa itu hidup kita menjadi tidak sejahtera atau setidaknya kurang sejahtera.
Sedangkan keinginan adalah sesuatu tambahan atas kebutuhan yang diharapkan dapat dipenuhi sehingga manusia tersebut merasa lebih puas. Namun bila keinginan tidak terpenuhi maka sesungguhnya kesejahteraannya tidak berkurang.
4. Konsistensi, lebih baik sedikit-sedikit namun terencana daripada sekali tabung banyak, lalu berhenti, lalu langsung diambil banyak.
5. Kontrol diri yang ketat. Kalau ingin menabung dengan baik kita harus bisa hemat. Harus tegas terhadap pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu, terutama pada diri sendiri.
Mudah-mudahan dengan tips diatas bisa membantu teman-teman lagi lagi ingin menabung. Atau ada yang mau menambahkan tips yang lainnya ?

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar