Senin, 18 Juni 2012

Bab 11 Manusia dan Harapan

NAMA   : ADE KOSWARA
NPM     : 10111121       
KELAS : 1KA40
ILMU BUDAYA DASAR
BAB XI
MANUSIA DAN HARAPAN


11. 1. Pengertian Harapan

            Harapan berasal dan kata harap yang berarti keinginan supaya sesuatu terjadi; sehingga harapan berarti sesuatu yang diinginkan dapat terjadi. Dengan demikian harapan menyangkut masa depan.Jadi untuk mewujudkan harapan itu harus disertai dengan usaha yang sesuai dengan apa yang diharapkan Bila dibandingkan dengan cita-cita , maka harapan mengandung pengertian tidak terlalu muluk: sedangkan cita-cita pada umumnya perlu setinggi bintang.

11. 2. Sebab Manusia Mempunyai Harapan

1.    Dorongan untuk kebutuhan hidup yang terdiri dari Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang kita butuhkan dalam keseharian. Kebutuhan rohani adalah kebutuhan batin manusia yang hanya dapat dipenuhi.

2.    Dorongan kodrat ialah sifat atau keadaan atau pembawaan alamiah yang sudah terjelma dalam diri manusia sejak manusia diciptakan oleh tuhan serta adanya keinginan agar apa yang diharapkan sesuai apa yang ia inginkan

3.    Keamanan: Rasa aman tidak harus diwujudkan dengan perlindungan yang nampak, secara moral pun orang lain dapat memberi rasa aman. Walaupun secara fisik keadaannya dalam bahaya, keyakinan bahwa Tuhan memberikan rasa perlindungan berarti sudah memberikan keamanan yang diharapkan.

4.    Hak dan kewajiban mencintai dan dicintai: Tiap orang mempunyai hak dan kewajiban. Dengan pertumbuhan manusia maka tumbuh pula kesadaran akan hak dan kewajiban. Tapi, sebagai manusia yang berakal, kita harusnya mendahulukan kewajiban ketimbang hak. Termasuk dalam masalah “cinta”. Kalau kita ingin menuntut hak kita untuk dicintai orang tua kita, yaaa kita lebih dulu mencintai mereka, karena itu kewajiban kita.



11.3.   Pengertian Doa

Menurut bahasa do'a berasal dari kata "da'a" artinya memanggil. Sedangkan menurut istilah syara' do'a berarti "Memohon sesuatu yang bermanfaat dan memohon terbebas atau tercegah dari sesuatu yang memudharatkan. Tujuan Berdo'a / Berdoa Memohon hidup selalu dalam bimbingan Tuhan Agar selamat dunia akhirat Untuk mengungkapkan rasa syukur kepada kepada-Nya Meminta perlindungan Tuhan ahar dijauhkan dari Setan yang terkutuk

11.4.   Kepercayaan

Kepercayaan berasal dari kata percaya, artinya mengakui atau meyakini akan kebenaran. Kepercayaan adalah hal-hal yang berhubungan dengan pengakuan atau keyakinan akan kebenaran. Maka jelaslah kepada kita, bahwa dasar kepercayaan itu adalah kebenaran. Adanya jenis pengetahuan yang dimilik seseorang, bukan karena merupakan hasil penyelidikan sendiri, melainkan diterima dari orang lain. Kebenaran pengetahuan yang didasarkan atas orang lain itu disebabkan karma orang lain itu dapat dipercaya.

Kepercayaan pada ruang internal disebut sebagai kepercayaan dalam diri pribadi. Konsep “kepercayaan diri” adalah bagian dari kepercayaan dalam diri yang saya maksud. Kepercayaan dalam diri mencakup suatu perasaan obyektif dalam diri pribadi masing-masing.

11. 5. Kepercayaan dan usaha untuk meningkatkannya

Kepercayaan pada diri sendiri, menganggap dirinya tidak salah, dirinya dapat menang, dirinya mampu mengerjakan apa yang diserahkan atau dipercayakan kepadanya. Kepercayaan kepada orang lain, dimana orang percaya terhadap kata hati, perbuatanya sesuai atau terhadap kebenaran orang lain. Kepercayaan kepada pemerintah, karena pada dasarnya negara berorientasi pada Tuhan dan kepentingan rakyat, sudah seharusnya kalau sebagai warga negara mempercayai pemerintah / Negara.

Berbagai usaha dilakukan manusia untuk meningkatkan rasa percaya kepada Tuhannya. Usaha itu bergantung kepada pribadi kondisi, situasi dan lingkungan. Usaha itu antara lain

a.    Meningkatkan ketakwaan kita dengan jalan meningkatkan ibadah.
b.    Meningkatkan pengabdian kita kepada masyarakat.
c.    Meningkatkan kecintaan kita kepada sesama manusia dengan jalan suka menolong, dermawan dan sebagainya.
d.    Mengurangi nafsu mengumpulkan harta yang berlebihan.
e.    Menekan perasaan negatif seperti iri, dengki, fitnah dan sebagainya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar